BAB XI
PERANAN
KOPERASI
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
saya panjatkan kehadirat Allah SWT,yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayahnya,sehingga tugas ini dapat saya sampaikan dan kerjakan dengan baik,
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Koperasi dibawah bimbingan
bapak Bagus Nurcahyo pada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas
Gunadarma Depok.
Saya
mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah
membantu saya. Saya menyadari bahwa laporan tugas ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi
kesempurnaan tugas ini. Semoga laporan tugas ini sangat bermanfaat bagi
pembaca. Amin
Peranan
Koperasi dalam berbagai bentuk pasar.
Berdasarkansifatdanbentuknya,
pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam:
1.
Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2.
Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu:
Monopoli,
Persaingan
Monopolistik (monopolistic competition), dan Oligopoli.
Peranan
Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna:
-
Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
-
Produk yang dijual perusahaana dalah sejenis (homogen)
-
Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
- Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
Koperasi
dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya:
1.
Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
2.
Produkyang
dihasilkan tidak homogeny
3.
Ada
produk substitusinya
4.
Keluar
atau masuk ke industry relative mudah
5.
Harga
produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
6.
Gambar
Koperasi
dalam Pasar Oligopoli
a. Oligopoli adalah struktur pasar dimana
hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar
b. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam
pasar oligopoly yaitu strategi harga dan nonharga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar