Sabtu, 16 Juni 2012

PEERBNADINGAN YAHOO MESSANGER DAN GOOGLE TALK


                  PERBANDINGAN  YAHOO MESSANGER DAN GOOGLE TALK

A.     Pengertian yahoo messanger

Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

Yahoo! Messenger berada di bawah naungan Yahoo! Inc. ,yang merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

B.      Pengertian google talk

Google Talk atau yang biasa disingkat Gtalk adalah aplikasi instant messaging VoIP berbasis desktop maupun web milik Google yang bisa digunakan oleh seluruh pemilik akun Google, baik dengan domain gmail.com maupun dengan domain yang digunakan untuk integrasi dengan GoogleApps. Instant messaging Google Talk menggunakan protokol XMPP/Jabber untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Gtalk . Saat ini Gtalk sudah tersedia untuk platform Windows, Mac OS X, Blackberry dan Android.



C.      Perbandingan yahoo messanger dan google talk

1.      Kelebihan yahoo messanger

Yahoo messanger merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh sesame oengguna ym untuk chating,email dan mengobrol. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk web atau situs. Berikut beberapa kelebihan yahoo messanger:

a.      Mudah mengakses, untuk chat di yahoo messenger lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa mendownload aplikasi tersebut yang membuang waktu
b.      Tampilan lebih minimalis, hal ini menguntungkan bagi pengguna yang baru menggunakan yahoo messenger.
c.       Menu dan fiturnya cukup lengkap dan jelas. Tema bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Tema tersebut adalah background layer dari Yahoo Messenger.
d.       Tampilan lebih minimalis, hal ini menguntungkan bagi pengguna yang baru menggunakan yahoo messenger.

2.      Kekurangan yahoo messanger

a.       Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas. Perbincangan semakin menarik karena diadakannya emotion yang bermacam-macam dan bila emotion yang ada di aplikasinya bisa bergerak-gerak. jadi perbincangan bisa kita kreasikan dengan emotion sesuai yang kita mau.
b.      Tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby, aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain.
c.        Tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. tema tersebut bisa diubah sesuai dengan kita mau. tema tersebut adalah background layer dari yahoo messenger.
d.      Tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita. contoh aplikasi yang tersedia di aplikasi yahoo messenger : aplikasi untuk menggambar, main catur jawa, main kartu, dan masih banyak yang lainnya.
e.      Yahoo messenger ini tidak disertai dengan fasilitas cam chat yang berfungsi untuk berkomunikasi secara visual bagi sesama pengguna yahoo

3.      Kelebihan google talk

a.      Keamanan lebih terjamin
b.      G-talk lebih mudah dibandingkan YM, karena hanya dengan mengirim email pada teman maka sudah dapat terhubung pada G-talk, tidak perlu mengundang atau menunggu diterima.
c.       Kemudian Gmail dan G-talk dapat dibuka secara bersamaan namun tidak dengan YM karena itu hanya akan menambah quota.
d.       Program lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Yahoo Messanger

4.      Kekurangan google talk

a.    Kapasitas yang disediakan terbatas
b.     Masih kurang familiar disbandingkan dengan Yahoo Messanger.
c.     Menu tambahan tersembunyi dalam toolbar windows, bagi user baru akan kesulitan untuk menggunakan menu tersebut.




5.      Kesimpulan

Pada intinya  yahoo messanger dan google talk lebih familiar yahoo messanger.karena fitur yang disediakan yahoo messanger lebih lengkap dibanding google talk. Dam yahoo messanger lebih mudah digunakan disbanding google talk.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar